Bagian - bagian Komponen Komputer


Nama : Muhammad Ghufron
Kelas : 4IB04
NPM : 14415378

BAGIAN-BAGIAN PERSONAL COMPUTER

BAB I
PENDAHULUAN
  A. Latar Belakang
Komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang mengandung arti menghitung, koputer juga memiliki bagian-bagian yang terpenting di antara nya hardware atau yang biasa di kenal sebagai perangkat keras dan software perangkat lunak, kedua komponen ini harus ada pada komputer agar komputer tersebut dapat menjalan kan sebuah operasi yang dinginkan oleh user, jika salah satu kompenen ini tidak ad maka komputer tidak akan  bisa dioperasi. bila computer itu di ibaratkan manusia, hardware di analogikan sebgai tubuh manusia sedangkan software adalah jiwa nya mereka harus melengkapi satu sama lain untuk mengoperasikan sebuah computer dengan baik. 

BAB II

PENGERTIAN KOMPUTER

     Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Secara umum komputer tebentuk atas dua komponen yaitu komponen-komponen software dan komponen-komponen hardware. Dalam makalah ini kami akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan software dan hardwareserta contoh-contoh dari software dan hardware.

A.    Perangkat Keras (Hardware)

1.      Pengertian Hardware

Salah satu bagian perangkat  dari komputer yaitu hardware atau yang biasa kita sebut dengan perangkat keras komputer. Pengertian dari Hardware itu sendiri adalah semua bagian fisik yang terdapat pada komputer atau dengan kata lain perangkat yang dapat kita lihat dan kita sentuh dari sebuah komputer.
Secara fisik nya  komputer terdiri dari beberapa komponen di antara lain CPU (Central Processing Unit), Kayboard (Papan Ketik), dan Monitor (Layar Komputer). Komputer harus di lengkapi dengan 3 komponen tersebut untuk bisa di operasikan seperti menginput data, memproses data,   dan menghasilkan informasi.
Dengan berkembang nya teknologi maka komputer mengalami kemajuan dari sebelum nya, meskipun komputer telah mengalami perubahan dan mengalami kemajuan dalam teknologi, komputer tetaplah mempunyai model da sr yang sama. Diagram di bawah ini menggambarkan sebuah sistem komputer.


2.      Pengenalan Perangkat Keras

Dalam sebuah komputer biasanya terdapat 4 komponen Hardware, berikut ini adalah keempat komponen itu:

1.      Perangkat Masukan Data/Input Device

Perangkat ini adalah perangkat yang digunakan untuk menerima input yang biasanya adalah data dan perintah yang akan di proses di dalam komputer. Masukan ini bisa berupa signal input atau bisa juga berupa maintenance input.

Signal input merupakan data yang dimasukkan ke dalam sister dari sebuah komputer, sedangkan maintenance input merupakan program yang berfungsi untuk mengolah perintah yang telah dimasukkan. Jadi, input device juga dapat digunakan sebagai alat memasukkan program.

Perangkat ini bekerja dengan menggunakan perinsip mengubah perintah yang di pahami manusia menjadi suatu bentuk perintah yang dapat dipahami oleh komputer. (machine readable form). Sebagai tambahan pengetahuan perintah yang dapat dimengerti oleh komputer adalah berupa kode-kode biner yang hanya terdiri dari dua simbol angka yaitu 1 dan 0.

Perangkat asukan dibedakan atas dua jenis, yaitu:

a.       Perangkat input langsung

Dimana perintah yang dimasukkan kedalam komputer akan langsung di proses oleh CPU yang bertindak sebagai otak dari sebuah komputer, dimana perintah ini tidak akan disimpan oleh penyimpanan media luar. Sebagai contoh: keyboard, joystick,scanner, cardreader, mouse, touch screen dan MICR (magnetic ink character recognition).

b.      Perangkat input tidak langsung

Dimana Perintah yang dimasukkan akan melalui media tertentu sebelum diproses oleh CPU. Input yang dimasukkan akan di simpan oleh media penyimpanan luar sepertimagnettic disk (hard disk dan disket)dan optical disk (CD, DVD, dan VCD).

a.      Keyboard

keyboard adalah sebuah papan yang terdapat tombol-tombol yang memiliki simbol dan digunakan sebagai alat untuk pengetikan. Cara kerja dari keyboard adalah ketika sebuah tombol pada keyboard ditekan , maka per(pegas) yang berada di bawah tombol akan menekan logam dibawahnya lagi, dan menyebabkan lewatnya arus listrik. Arus inilah yang kemudian diterima oleh chip pada keyboard yang kita sebut denganmicroprocessor. Pada chip ini terdapat berbagai alamat sehingga komputer bisa mengetahui tombol mana yang telah ditekan.  Sinyal-sinyal ini diteruskan kepada RAM sampai PC yang akan digunakan secara lebih lanjut.

 Tipe-tipe atau jenis-jenis tombol pada keyboard:

1.Typewriter Key
Yaitu baris-baris berupa simbol pada keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca.
2.Numeric Key
Letak dari bagian ini adalah pada sebelah kanan dari  keyboard. Numeric Key adalah bagian khusus dari keyboar yang berisi barisan angka dan berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan.
3.Function Key
Letak dari tombol ini adalah pada bagian paling atas dari keyboard, terdiri dari tombol F1 – F12. Fungsi dari tombol-tombol ini tergantung kepada program komputer yang digunakan.
4.Special Key
Adapun yang termasuk kedalam jenis tombol ini antara lain Ctrl, Caps lock, Tab, Shift dan Alt. Tombol-tombol tersebut digunakan untuk melakukan fungsi-fungsi spesifik.

b.      Mouse
Ketika kita mendengar kata mouse mungkin sebagian dari kita akan membayangkan seekor tikus, tapi mouse yang dimaksud dalam hal ini adalah sebuah perangkat keras komputer yang digunakan untuk menggerakkan pointer (petunjuk yang ada ada pada layar, menandakan suatu posisi pada layar monitor) ke mana saja, sesuai dengan gerakan bola kecil yg terdapat pada mouse. Terdapat sensor pada bagian bawah mouse yang biasanya berupa bola kecil ataupun sensor cahaya.

Pada mouse dengan sensor bola, apabila kita melepaskan bola kecilnya maka kita akan mendapati 2 pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah horizontal dan yang satunya vertical.
Tipe-tipe dasar mouse :

1.Mekanis
Mouse jenis ini memiliki bola karet di bagian bawahnyadan dapat diputar ke segala arah.Sensor mekanisnya mendeteksi adanya gerakan bola dan mengirimkan sinyal untuk menggerakkan kursor pada layar.
2.Opto mekanis
Jenis mouse ini menggunakan sensor optic sebagai alat untuk menggerakkan kursor pada layar monitor.
3.Optic
Mouse jenis ini menggunakan sensor berupa  laser untuk  menggerakkan Krusor pada  layar, selain itu mouse  jenis ini juga memiliki LED. Kelemahan dari mouse ini adalah harus di oprasikan diatas permukaan alas tertentu yang bias dibaca mouse.

c.       Scanner
Kegunaan dari scanner adalah sebagai lat untuk pemindai (scanning) baik itu berupa gambar, tulisan atau objek benda kedalam format elektronik sehingga dpat di proses oleh computer.
      Prinsip kerja dari sebuah mesin scan adalah sama engan prinsip kerja dari mesin foto copy, perbedaannyaterletak pada hasilnya, scanner menghasilkan data yang dapat di simpan didalam computer sedangkan foto copy menghasilkan data yang disajikan dalam selembar kertas.
      Tanpa adanya card tambahan yang secara khusus digunakan untuk scanner maka mesin scanner tidak akan dapat digunakan. Sebuah scanner dapat membaca lebih dari 120 halaman dalam waktu 1 jam.
      Mesin scanner bekerja ketika kita menekan tombol mouse untyuk memulai scanning, maka proses yang terjadi adalah sebagai berikut:
1.      Penekanan tombol mouse dari computer menggerakaan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang ada dalam scanner itulah yang mengendalikan jalannya pengiriman data ke unit scanning.
2.      Selanjutnya unit scanning meletakkan proses pengiriman ke tempat atau jalan yang sesuai untuk langsung memulai scanning.
3.      Jika kita melihat ntala lampu dalam mesin scanner maka itu berarti proses scanning sedang berlangsung.
4.      Dan kita dapat melihat hasil dari scanning pada monitor setelah nyala lampu pada mesin scanner padam.
5.      Kita dapat merubah tampilan file itu menggunakan software seperti Adobe Photoshop dan lain-lain.

d.      Trackball
Trackball adalah perangkat keras yang sejenis dengan mouse atau stylus, bahkan memiliki bentuk yang hamper sama atau lebih tepatnya mirip dengan sebuah mouse yang dibalikkan. Beberapa trackball didesain sebagai alat yang diletakkan pada keyboard computer notebook.

e.       Joystick
Perangkat keras ini digunakan oleh para gammer untuk bermain game selama bertahun-tahun.seiring dengan kemajuan teknologi saat ini joystick berukuran semakin kecil yang terletak diantara tombol keyboard. Joystick ini biasa terdapat pada computer portable, karena computer jenis ini sering kali tadak memiliki tempat yang cukup untuk meletakkan mouse sehingga digunakanlah joystick sebagai penggantinya.

f.        Touchpad
Adalah pad kecil yang terbuat dari bahan yang sensitf terhadap tekanan. Perangkat ini dapat kita temui pada computer notebook, dan sama dengan joystick alat ini juga digunakan sebagai alat pengganti mouse. Cara kerjanya yaitu pada saat jari user pada pad, tekanan ini menyebabkan perubahan karakteristik listrik pada titik tersebut. Lokasi bersentuhan tersebut di komfirmasikan pada computer. Dengan menggerakkan jari pada pad, user mengintruksikan software computer untuk memindahkan kursor pada layar dengan rah yang sama dengan gerakan jari user.

g.      Kamera Digital
Kamera ini digunakan untuk merekam gambar baik yang bergerak ataupun yang diam menjadi bit-bit data ke dalam file computer. Gambar-gambar ini dapat di simpan dalam file computer dan juga dapat di cetak berulang kali tanpa mengurangi kualitasnya.

2.      Perangkat Pemrosesan Data/Processing device
Perangkat ini biaqsa kita sebut CPU (Central Processing Unit), yang berarti unit pengelola pusat. CPU merupakan perangkat yang penting dalam computer, karena cpu bertindak sebagai otak dari sebuah computer.
           
Ada 3 bagian utama CPU, yaitu:
a.       Unit kendali (Control Unit/CU)
Bagian ini befungsi sebagai pengendali seluruh peralatan yang terdapat dalam sebuah system komputerserta mengatur kapan alat input menerima data dan mengolahnya.
b.      Unit Aritmatika dan Logaritma (Aritmatic and Logic Unit/ALU)
bagian ini bekerja dalam semua yang berhubungan dengan perhitungan aritmatika dan perbandinga (seperti penjumlahan, pengurangan dan beberapa logika lainnya)
c.       Register
Kegunaanya adalah melakukan hubungan (interface) baik dari memori maupn yang menuju memori.m kecepatan dari register sanghatlah tinggi, digunakan untuk menyimpan data dan interuksi yang sedang di proses.
Memori utama dari sebuah CPU mempngaruhi kinerja dari sebuah computer.ada dua tipe memory utama yaitu Random Access Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM).
Adapun beberapa bagian dari CPU adalah sebagai berikut:
a.      Motherboard
Komponen ini biasa di sebut juga dengan mainboard, komponen ini merupakan komponen paling utama pada computer karena sanagat menentukan kemampuan dari sebuah computer.
Perangkat ini menyatukan semua komponen dan membuatnya bekerja sama dan secara sistematis sehingga computer dapat berjalan dengan lancar. Motherboard menentukan kapasitas beberapa hal berikut ini:
1.      Jenis dan jumlah RAM maksimal yang bias dipasang pada computer.
2.      Kecepatan tertinggi dari processor yang di dukung, tipe, serta merknya.
3.      Tipe kartu expansionyang dapat dipasang (seperti PCI, ISA, AGP, PCI Express) dan jumlah slot yang terdapat didalamnya.
Kegunaan dari motherboard adalah sebagai berikur:
1.      Organisasi, mengatur dan menentukan alat (peripheral) yang bias dipasang pada computer.
2.      Control, chips dan program BIOS yang terdapat dalam motherboard bekerja sebagai pengatur data komponon computer lain.
3.      Komunikasi, hamper seluruh komunikasi harus melewati motherboard terlebih dahulu.

b.      Processor
kegunaan dari processor adalah memproses seluruh perhitungan yang harus dikerjakan oleh computer. Kekuatan dari sebuah prosesor dapat kita ketahui dari frekuensiny seperti 550 MHz, 3 GHz dll. Setiap computer dinyalakan prosessor akan langsung bekerja dan cepat panas, oleh karena itu saat ini processor dilengkapi dengan besi penyalur panas dan juga kipas sebagai pendingin.
3 cara processor bekerja adalah sebagai berikut:
1.      Menggunakan ALU, yaitu processor bias memakai operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, kali, bagi dan logika.
2.      Mentransfer data dari memori ke tempat lainnya.
3.      Menciptakan suatu keputusan yang berujung kepada serangkaian interuksi berdasarkan keputusan tersebut.

c.       Memory
Kegunaan dari suatu memory adalah untuk menyimpan data sebelum atau yang telah di proses oleh processor. Kita juga biasa menyebut memory dengan sebutan Random Access Memory atau disingkat dengan RAM. Gunanya adalah menyimpan data yang tidak permanen pada saat digunakan oleh processor, jika computer dimatikan maka data uang tersedia akan hilang. Bembagian dari jenis memory adalah sebagai berikut:
1.      Internal memory
Memori ini diletakkan pada bagian motherboard. Data yang akan diproses maupun yang telah di proses di simpan dalam memori ini.
2.      Eksternal memory
Mengapa di sebut eksternal memory?Karena memory ini tidak melekat pada motherboard dan bahkan da yang terletak pada luar box atau CPU.

d.      VGA (Video Graphics Array)
bagian ini memiliki kegunaan yang penting dalam menyajikan output process ke layar monitor. Layar computer akan blank jika tanpa disertai dengan VGA card. VGA card bias berupa slot tambahan ataupun bawaan dari pabrik motherboard.
Komponen VGA adalah memory dan juga kipas.Kipas sangat dibutuhkan sebagai alat pending VGA klarena alat ini bekerja cukup berat dalm menjalankan tugasnya.

e.       Sound Card
kegunaan dari komponen ini adalah sebagai pengubah dari sinyal digital menjadi sinyal suara. Pada awalnya sound card hanya sebagai dari computer, namun sekarang dikarenakan suatu kebutuhan maka souncard pun menjadi suatu perangkat wajib untuk sebuah computer.
Berdasarkan cara memasang sound card, sound card dapat di bagi menjadi 3, yaitu:
1.      Sound Gard Onboard, adalah suatu sound card yang langsung melekat pada motherboard computer,
2.      Sound Card Offboard, sound card jenis ini dipasangkan pada slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata sekarang computer telah menggunakan PIC.
3.      Soundcard Eksternal, yaitu sound card yang pemasanganya di hubungkan ke computer melalui port eksternal, seperti USB atau firewire.
Namun, perangkat ini tidaklah lengkap tanpa adanya speaker.

3. Perangkat Penyimpanan Data/Storange Device

            Perangkat ini biasa berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi, baik dari magnetisasi medium tertentu maupun sinar laser.Perangkat ini mutlak di perlukan dalam suatu system computer.
            Kapasitas penyimpana dalam computer sangatlah terbatas karena itu ddi perlukan perangkat penyimpanan tambahan seperti:
1.      Magnetic disk, contohnya: floppy disk dan hard disk
2.      Optical disk, contohnya: CD dan DVD
3.      Pen drive, contohnya: contohnya USB flash drive dan ZIP drive
4.      Card, contohnya: ATM dan chip-card
5.      Pita, contohnya: cassette dan reel to reel tape

a.      Hard Disk Drive
Perangkat keras ini berfungsi dalam penyimpanan data-data.Hard disk pertama kali ditemukan oleh seorang insinyur IBM, Reynold Johson pada tahun 1956. Jika hard disk dibuka maka kita akan mendapati sebuah piringan logam yang berfungsi sebagai tempat menulis data. Data yang disimpan dalam piringan tersebut tidak akan hilang bahkan ketika tidak di beri tegangn listrik (bersifat non-volatile). Kegunaan lain dari hard disk adalah untuk boot device utama, dimana system oprasi yang disimpan dalam hard disk ini akan di jalankan ketika computer mulai dihidupkan (booting). 



Adapun komponen-komponen dari hard disk adalalah seperti di bawah ini.
1.      Piringan logam (platter), kegunaan utamanya adalah sebagai tempat penyimpanan data. Piringan ini telah terlapisi oleh bahan magnetis yang sangat tipis.
2.      Head yang berupa kumparan. Head pada hard disk tidaklah sama denghan head pada tape. Pada tape proses baca dan tulis (rekam) menggunakan dua head yang berbeda, sedangkan pada hard disk hanya menggunakan 1 head.
3.      Rangkaian elektronik pada PCB (Printer Circuit Board) terdiri dari rangkaian penguat, DSP (Digital Signal Processor) untuk memproses sinyal digital, memori chip, konektor, serta spindle dan actuator arm monitor.

b.      Floppy Drive
Perangkat ini merupakan alat untuk membaca dan menulis pada sebuah floppy disk.Floppy disk terbuat dari cakram tipis, fleksibel yang dilapisi bahan yang bersifat magnettik dan terbungkus oleh plastic.Dahulu fllopy disk disukai karena harganya yang sangat murah dan dapat di tulis berulang-ulang kali.

c.       Optical Drive
kita lebih mengenal perangkat ini dengan sebutan CD atau DVD drive. Disebut sebagai optical karena perangkat ini menggunakan sinar laser untuk melihat data yang tersimpan didalamnya.
Perangkat ini dibuat dengan bahan special yang dapat dirubah dengan sinar laser menjadi spoty-spot yang relative gelap atau terang. Contoh optical drive anyara lain: CD-R/CD-RW. CD-R berarti CD yang dapat ditulis informasi/data hanya sekali.
d.      Flash Disk
Flash disk merupakan mediapenyimpanan data yang menggunakan tegnologi USB.USB merupakan suatu tegnologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan alat esternal ,seperti scanner,printer,mouse,papan ketik,keyboard ,alat penyimpanan data ,flas disk,kamera digital atau perangkat lainnya ke computer kita.
4.perangkat keras keluaran/output bdevice
Perangkat keras keluaran merupakan peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil perosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU ke dalam suattu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses.
a.monitor
monitor merupakan salah satu perangkat yang sangat popular dalam dunia komputer.
Monitor termasuk alat output yang termasuk sofcopy device artinya hasil output proses tersebut hanya akan terpampang pada layar ,tidak dicetak dalm kertas.
1.      Layar monitor berbentuk pipih atau sering disebut LCD (liquid crytal display) umumnya digunakan pada computer notebook namun saat ini juga sudah mulai dipakai untuk PC destop,
2.      Layar monitor tabung atau disebut CRT (cathode ray tube) bentunya televisi.
Kualitas gambar tergantung kepada resolusi layar yaitu:
1.      CGA (Colour Graphics Adapther) 640x200 pixel
2.      EGA (Echanched Graphics Adapther) 640x480 pixel
3.      VGA (Video Graphics Array) 640x480 pixel
4.      XGA (Extended Graphics Array) 2048x2048 pixel
5.      SVGA (Super Video Graphics Array) 800x600 dan 1024x768 pixel
Jadi, kualitas akan semaik bagus apabila resolusinya semakin tinggi.
b.      Printer
Komponen ini adalah media output yang mampu menghasilkan tulisan, gambar dll. Untuk menghubungkan printer dengan computer diperlukan kabel penghubung antara printer dan CPU computer.
Terdapat 3 macam teknologi printer yang ada saat ini, yaitu:
1.      Printer dot-matrik, printer jenis ini sudah jarang untuk ditemui. Printer ini hanya di khususkan untuk mencetak tulisan saja. Resolusi printer ini hanya berkisar antara 9 – 24dpi sehingga tidak tepat untuk mencetak gambar.
2.      Printer inkjet, disebut juga bubble-jet. Cara kerja printer ini adalah dengan menyemburkan tinta cair melalui nozzles (pipa semprot) yang terletak pada head. Head inilah yang akan membentuk karakter-karakter yang di perintahkan user melaluiu computer. Pengisian tinta printer jenis ini menggunakan catridge(wadah kotak berisi tinta). Namaun pengisian berulang-ulang dapat menyebabkan kerusakan pada printer ini.
3.      Printer laser, prinsip kerjanya adalah dengan menggabungkan cahaya, panas, listrik, dan tekanan sehingga memiliki tingkat kehalusan karakter dan resolusi cetak yang sangat tinggi.

c.       Speaker
Komponen ini tentunya sudah sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.Alat ini berfungsi untuk menghasilkan suara digital yang dihasilkan oleh computer, seperti music, film, dan efek suara lainnya. Speaker yang bagus biasanya memiliki fitur seperti bass dan control getar, untuk memaksimalkan kualitas suara yang dihasilkan.
                                                                        BAB III
        PENUTUP
            A. Simpulan
Dari seluruh uraian makalah yang telah di sampaikan, dapat di simpulkan beberapa hal pokok yakni hardware adalah semua bagian fisik yang terdapat pada komputer atau dengan kata lain perangkat yang dapat kita lihat dan kita sentuh dari sebuah komputer.

B. Saran
Seperti yang sudah di jelaskan di dalam makalah tersebut kita tau bahwa komputer memiliki bagian-bagian yang terpenting di dalam nya sepeti Hardware, jika di dalam komputer hanya ada bagian Hardware tentu kita tidak bisa mengoperasi komputer dengan sesuai yang kita inginkan begitu juga sebalik nya jika di dalam komputer hanya memiliki software saja kita juga tidak bakalan bisa mengoperasikan komputer tersebut, maka dari itu kita sebgai user yang sering bergantung terhadap komputer setidak nya kita harus lebih menghargai dengan ada nya komputer dengan merawat nya dengan sebaik nya, karena dengan adanya komputer kita dapat memper mudah pekerjaan sehari-sehari, dan juga kita sebaiknya tidak  menggunakan komputer untuk perbuatan yang tidak-tidak atau perbuatan yang negatif yang akan merugikan seseorang bahakan diri kita sendiri dari perbuatan yang tidak baik, karena komputer di ciptakan untuk mempermudah perkerjaan bukan untuk merugikan seseorang .





DAFTAR PUSTAKA
1. Software Enineering_Rekayasa Perangkat Lunak(Ian Sommerville),  penerit; ERLANGGA
2. Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Erik Kurniawan, S.Kom, M. Kom & Antonios Rachmat,    S. Kom, M. CS 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ekonomi Teknik (Cash Flow)

INTERNAL RATE OF RETURN (IRR)

Ekonomi Teknik