TUGAS V-CLASS 3



1.       Jelaskan cara kerja rangkaian MODULATOR FM ?
2.       Jelaskan cara kerja rangkaian DEMODULATOR FM ?

JAWABAN:
1.      Jelaskan cara kerja rangkaian MODULATOR FM

Modulator  fm adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu (kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi.:

                                                Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhrp5SU72UFL837zk34MY5m8fYNX1ah3kWbtec7AkDe4Kjl2sMCdC0I_yDERwcEFnYTfGPxtzHvQ4s5SZL6bDrM-_iPScYpLTJ8k7yB_9VdrVDdb4ZaN2WOx5x8BLck1gIHm8V5AP-VjzE/s1600/gambar+1.jpg

 Proses Modulator Frekuensi seperti yang kita lihat di atas adalah salah satu contoh gambar (Frequency Modulation, FM), jadi sinyal informasi di tumpangkan(modulasi) pada gelombang pembawa atau yang sering kita sebut sebagai sinyal carrier yang menyebabkan perubahan frekuensi gelombang.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhP2b_evpWHdkRpmc0fY7ipLMMDYFbOqXK_s-MsE8viJw6qei7KuYztzBllRtzQueK_kMFEK6UJ_d8iIHe8jBfwIgrlvA6uHJTZO5My0niNgyo4X1dM5ASmo2874VDpPx0tvtYkK83ZQe4/s320/gambar+2.jpg

Seperti yang kita lihat pada gambar di atas ada sebuah nama yang mungkin asing yaitu kapasitas varaktor yang berfungsi sebagai pengendali frekuensi  di dalam sebuah modulator. Jadi varaktor tu seperti dioda bedanya kalau varaktor ini di beri tegangan balik jadi si varaktor ini dapat bekerja sebagai  kapasitor yang apabila kapasitas tegangannya tergantung pada tegangan yang kita berikan. Jadi outputannya dari sinyal modulator ini telah di ubah sesuai dengan sinyal informasi yg menumpang ke sinyal carrier.

Jadi dapat di simpulkan bila tegangan input merupakan sinyal carrier maka frekuensi dalam suatu rangkaian modulator tersebut akan berubah sesuai dengan sinyal pembawa tersebut. Karna sesuai dengan pernyataan di atas outputannya dari sinyal modulator dalam rangkaian di atas di ubah sesuai dengan sinyal informasinya yang menumpang pada sinyal carrier. Contohnya modulator suara(FM) pada siaran tv


2.       Jelaskan cara kerja rangkaian DEMODULATOR FM

Demodulator mempunyai fungsi kebalikan dari modulator (demodulasi), yaitu proses mendapatkan kembali data atau proses membaca data dari sinyal yang diterima dari pengirim. Dalam demodulasi, sinyal pesan dipisahkan dari sinyal pembawa frekuensi tinggi.

Jenis demodulator FM yang lain adalah :
• Slope Detector
• Round Travis Detector
• Quadrature Detector
• Ratio detector, dan lain-lain
Prinsip kerjanya demodulator FM secara umum :

Disini suatu demodulator frekuensi mendeteksi sinyal informasi dari sinyal FM dengan operasi yang berlawanan dengan cara kerja modulator FM. Disini kita menggunakan suatu slope Demodulator Balance discriminator untuk proses modulasi. Secara umum setiap demodulator FM berfungsi mengkonversi setiap perubahan frekuensi menjadi tegangan dengan distorsi seminimal mungkin. Untuk itu, setiap demodulator/diskriminator/detektor FM, secara teori, harus memiliki karakteristik kerja yang linier antara tegangan dengan frekuensi.

Contoh rangkaian demodulator FM :
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjxLyqXheGOwvChfAnJY5noZze32NaGjzE7UOgkLVepf0Wl6i2zYyTn7WtnpGMVaZkxxlHAed1Sod-DDd0vhIjtvu73ZiFWDnNwqgkygFdsinq59NFzoVdeMm6_cLsDpWNO_Ky-eaReOcA/s320/Rangkaian+Demodulator+FM.png

Rangkaian diatas menggunakan double tuned transformator, cara kerjanya FM signal dirubah menjadi variasi amplitudo variasi amplitudo lalu diserahkan ke filter sehingga variasi tegangan output baik pada amplitudo dan polaritas sebanding dengan variasi frekuensi input.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ekonomi Teknik (Cash Flow)

INTERNAL RATE OF RETURN (IRR)

Ekonomi Teknik